-->

Manfaat Buah Jambu Mawar



Jambu mawar atau yang baisa disebut juga dengan jambu kraton merupakan salah satu jenis buah jambu yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama ilmiah Syzygium Jambos ini memiliki bentuk yang unik, yaitu kombinasi antara jambu biji dan jambua air. Jika dilihat, mungkin buah jambu mawar tampak seperti buah biji. Namun saat di buka, ia akan berbentuk seperti jambu air. Aroma yang dikeluarkan oleh jambu ini sangat harum, sama kuat seperti bau yang dikeluarkan oleh bunga mawar

Untuk manfaat dan khasiat jambu mawar untuk kesehatan sendiri, jangan ditanyakan! Buah jambu mawar memiliki khasiat yang tak kalah luar biasa jika dibandingkan dengan manfaat buah jambu yang lain. Tentu hal ini tak terlepas dari peranan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, pektin, minyak atsiri, saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Tak hanya itu, buah jambu mawar juga dilengkapi dengan beberapa kandungan vitamin, termasuk vitamin B dan vitamin C. Dan berikut inilah ulasan kami mengenai beberapa manfaat dan khasiat jambu mawar untuk kesehatan yang luar biasa:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jambu mawar bagi kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan kekebaan tubuh. Tentu hal ini tak mustahil terjadi. Pasalnya, buah jambu mawar memiliki kandungan vitamin C di dalamnyna. Vitamin C inilah yanng akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi Anda dari serangan bakteri dan virus.

2. Mencegah Terjadinya Sembelit

Manfaat jambu mawar yang kedua adalah mencegah terjadinya sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalam buah jambu mawar. Ia akan membantu memperlancar sistem pencernaan Anda hingga mampu mengatasi masalah sembelit.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Selain mengandung serat, buah jambu mawar juga memiliki kandungan protein di dalamnya. Tentu ini menjadi kabar baik utuk kita semua karena protein sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebagai zat pembangun, tentu saja ia juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan menggantinya dengan sel yang baru.

4. Mengobati Cacar Air

Siapa sangka? Ternyata, buah jambu mawar juga berkhasiat untuk menyembuhkan cacar air. Caranya pun sangatah mudah. Pertama, tumbuk daun buah jambu mawar hingga halus, lalu campurkan dengan air. Aplikasikan pada bagian kulit yang membutuhkan secara rutin, maka cacar air akan segera menghilang.

5. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang kita ketahui bersama, buah jambu mawar memiliki kandungan vitamin C di dalmnya. Vitamin C yang satu ini tidak hanya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Nyatanya, ia juga mampu menangkal efek buruk radikal bebas yag sering kali menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyait. 

6. Mengobati Demam

Manfaat jambu mawar yang lainnya adalah membantu mengobati demam. Kandungan yang ada pada buah jambu mawar memang dipercaya ampuh untuk menurunkan demam. Jadi, ketika Anda mengalami demam, coba saja konsumsi buah jambu yang satu ini untuk mengatasinya.

7. Pembersih Kandungan 

Buah jambu mawar sangat baik dikonsumsi oleh Anda ibu yang baru selesai bersalin. Kandungan buah jambu yang satu ini dapat membantu Anda dalam membersihkan kandungan selepas melahirkan. Selain itu, kandungan nutrisi yang dimilikinya juga akan membantu meningkatkan stamina Anda.

8. Mengatasi Radang Selaput Lendir

Manfaat jambu mawar selanjutnya adalah mengatasi radang selaput lendir. Buah jambu yang satu ini memang dipercaya ampuh dalam mengobati radang selaput lendir pada tenggorokan ataupun hidung. Jadi, jika Anda memiliki masalah pada hidung atau tenggorokan, cobalah atasi dengan mengkonsumsi buah jambu mawar yang lezat ini.

9. Menambah Massa Otot

Manfaat jambu mawar yang kesembilan adalah membantu menambah massa otot Anda. Tentu hal ini tak terlepas dari peranan kandungan protein yang ada di dalamnya. Protein yang dimiliki buah jambu mawar memang tidak hanya akan mempercepat penyembuhan luka saja. Sebagai zat pembangun, ia juga akan membantu menambah massa otot Anda.

10. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah jambu mawar mengandung zat antioksidan berupa vitamin C yang cukup tinggi. Dengan begitu, maka tak mustahil bagi jambu mawar untuk menangkal efek buruk radikal bebas penyebab terjadinya penuaan dini.

11. Mencegah Anak Ngompol

Manfaat jambu mawar yang terakhir adalah mampu membantu mencegah ngompol pada anak-anak. Caranya sangatlah mudah. Pertama, ambil 10 buah jambu mawar dan cacah hingga halus. Campurkan dengan sepotong gula jawa, lalu rebus dengan 1 gelas air hingga menyisakan setengah gelas saja. Saring, lalu berikan pada anak Anda untuk dikonsumsi secara rutin.

Itulah tadi 11 manfaat dan khasiat jambu mawar untuk kesehatan. Bagaimana? Luar biasa, bukan? Jika demikian, maka tak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi jambu yang satu ini secara rutin. Selain enak di lidah, tentunya buah yang lezat ini juga akan meningkatkan kesehatan serta kecantikan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Manfaat Buah Jambu Mawar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.